Iksan Iskandar Menutup Kegiatan Bimtek BPKAD Jeneponto di Hotel Ibis Makassar

PENJURU. ID | Makassar – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menutup kegiatan bimbingan teknis perencanaan penganggaran keuangan daerah lingkup Pemkab Jeneponto pada Jumat, 8 Desember 2023.

Kegiatan bimtek yang digelar oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jeneponto tersebut berlangsung sejak 6 Desember lalu di Hotel Ibis Makassar yang diikuti oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan para Kasubag Perencanaan dan Keuangan OPD, yang menghadirkan narasumber dari Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri, Kasat Reskrim Polres Jeneponto dan Kasi Pidsus Kejari Jeneponto..

Kepala BPKAD Armawih A. Paki melaporkan bahwa dengan diberlakukannya aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau SIPD-R.I. oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai aplikasi perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah maka dalam proses perencanaan tahun 2024 pemerintah daerah sudah dapat menggunakan aplikasi SIPD-RI untuk penyusunan Pra RKA Tahun Anggaran 2024.

“Aplikasi SIPD-RI merupakan aplikasi yang sudah berbasis _microservices_ dan sebagai pengganti aplikasi SIPD yang sudah digunakan sejak tahun 2020 sebagaimana tercantum pada Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah. Sehingga dengan penerapan versi SIPD terbaru tersebut menjadi dasar untuk pentingnya dilaksanakan Bimtek ini,” ungkap Armawih.

Sementara itu, Bupati Iksan Iskandar memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini sebagai salah satu upaya membangun kompetensi para pejabat perencana.

“Semoga dengan dilaksanakannya bimtek ini dapat menjadi wadah yang baik dalam meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran yang sesuai dengan peraturan perundangan,” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa dengan perencanaan penganggaran yang baik maka akan menghasilkan kualitas pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah yang sesuai target dan kinerja yang ingin dicapai. Untuk itu lakukan perencanaan anggaran yang akuntabel dan proporsional.

“Terus lakukan pembinaan dan koordinasi yang berkesinambungan agar kinerja perencanaan dan penganggaran ini semakin berkualitas dan sesuai dengan pedoman yang berlaku,” harapnya.

Iksan Iskandar yang masa pengabdiannya tuntas di akhir Desember ini juga menjadikan wadah ini untuk pamit dan menyampaikan terimakasih atas segala sinergi, kolaborasi dan kerjasama yang baik selama ini.

“Terimakasih untuk semuanya. Pelihara kebersamaan, kekompakan dan semangat dalam bekerja untuk memberikan yang terbaik bagi daerah, bangsa dan negara tercinta,” pesan Bupati dua periode ini. (*)

 

Pos terkait