PENJURU.ID https://www.penjuru.id Informasi Akurat Dari Segala Penjuru Fri, 24 Sep 2021 15:46:09 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.8.1 https://www.penjuru.id/wp-content/uploads/2020/04/cropped-logo-penjuru-60x60.png PENJURU.ID https://www.penjuru.id 32 32 Mahfud MD Instruksikan Aparat Respon Laporan Pungli dengan Baik, Pelapornya Jangan Dikriminalisasi https://www.penjuru.id/mahfud-md-instruksikan-aparat-respon-laporan-pungli-dengan-baik-pelapornya-jangan-dikriminalisasi/ https://www.penjuru.id/mahfud-md-instruksikan-aparat-respon-laporan-pungli-dengan-baik-pelapornya-jangan-dikriminalisasi/#respond Fri, 24 Sep 2021 15:46:09 +0000 https://www.penjuru.id/?p=40246 PENJURU.ID | Yogyakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD,

The post Mahfud MD Instruksikan Aparat Respon Laporan Pungli dengan Baik, Pelapornya Jangan Dikriminalisasi appeared first on PENJURU.ID.

]]>
PENJURU.ID | Yogyakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, menginstruksikan aparat penegak hukum agar merespon laporan dan informasi mengenai Pungutan Liar (Pungli) oleh warga masyarakat dengan baik, dan berterima kasih atas niat baik yang bersangkutan.

Hal ini ditegaskan Mahfud MD saat memberikan sambutan dalam acara “Pencanangan Kabupaten/Kota bebas Pungli di Daerah Istimewa Yogyakarta” yang digelar oleh Satgas Saber Pungli Pusat, di Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (24/9/2021).

“Jika ada kontrol dan laporan mengenai pungli dari masyarakat, jangan kita musuhi, apalagi sampai dikriminalisasi. Kita perhatikan saja dan kita selesaikan tanpa harus gaduh, kita berterima kasih atas niat baik yang melaporkan,” ujar Mahfud kepada aparat yang hadir.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mencontohkan, saat aktivis antikorupsi Emerson Juntho melalui akun twitternya menyebut adanya pungli di sebagian Samsat dalam pengurusan surat-surat kendaraan, dirinya langsung merespons dengan baik.

“Kita tidak marah, kita tanggapi baik-baik laporan dia, dan kita undang ke Kantor Menko Polhukam,” ujar Mahfud sembari mengingatkan aparat untuk terbuka terhadap berbagai masukan dari masyarakat.

Berbagai usulan dari masyarakat, lanjut Mahfud, agar ditampung dan dipelajari lebih dulu. Tapi terkait tindak lanjutnya, Mahfud mengatakan perlu bukti yang konkret, agar petugas atau aparat segera menyelesaikan.

“Usul-usulnya kita tampung, kita cermati, kita berterima kasih dan menganggapnya sebagai niat baik. Tapi kalau untuk tindaklanjutnya kita perlu bukti konkret, sebab kalau menyebut ada korban tapi tak berani ngomong, ya kita tak bisa menindak,” tegasnya.

“Hukum itu harus jelas objectum litis dan subjectum litisnya. Tapi saya melarang dilakukannya tindakan represif terhadap orang yang memberi masukan, laporan, atau mengritik,” papar Mahfud sembari menegaskan bahwa pemerintah tidak anti kritik sebagaimana sering dia sampaikan pada kesempatan yang lain.

Upaya pemerintah, sambung Mahfud, untuk menciptakan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah dan terjangkau serta terukur, tentu tidak lepas dari adanya permasalahan yang timbul yaitu praktek-praktek pungutan liar.

“Saya ingin menegaskan, meskipun merupakan bagian dari upaya pembangunan pemerintahan yang bersih dari korupsi, Saber Pungli ini bukan lembaga penegak hukum pemberantasan korupsi. Saber Pungli merupakan lembaga yang menitikberatkan upaya pembersihan institusi pemerintah dari kebiasaan langsung melakukan pungutan liar di birokrasi,” papar Mahfud.

Saber Pungli meski ketuanya adalah Inspektur Pengawasan Umum Polri atau Irwasum, penegak hukum, termasuk Kejaksaan, Saber Pungli sebagai institusi tidak boleh memproses hukum sendiri. Saber Pungli melakukan pencegahan, pembinaan, agar membuat sebuah kota bebas pungli.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X mengingatkan, sesuai arahan Presiden saat menandatangani Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016 tentang Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar, agar Saber Pungli tindak hanya dilakukan di luar institusi penegakan hukum, tapi juga menyasar secara internal.

“Ibaratnya, untuk membersihkan rumah harus menggunakan sapu yang bersih dulu, soal inilah yang terberat dan seringkali kita hadapi sebagai kejadian Pagar Makan Tanaman,” ucap Sultan Yogya ini.

Sultan juga meminta aparat sipil di lingkungan pemerintah DIY untuk berani meninggalkan kebiasaan buruk ‘kalau bisa diperlambat mengapa harus dipercepat?’ dan menggantikannya dengan layanan prima yang dijanjikan saat berikrar sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) serta saat menandatangani pakta integritas.

“Di sini jangan seperti umumnya yang terjadi, setelah tanda tangan pakta integritas, tidak selang lama ada saja oknum yang secara sadar melanggar ikrarnya sendiri,” tambah Sultan mengingatkan pejabat di lingkungan Pemda DIY.

Selain Menko Polhukam Mahfud MD dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, hadir pula dalam kesempatan ini Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto sebagai Ketua Harian Saber Pungli, dan seluruh Forkompimda Daerah Istimewa Yogyakarta. (Red. Fiyan/TIM)

The post Mahfud MD Instruksikan Aparat Respon Laporan Pungli dengan Baik, Pelapornya Jangan Dikriminalisasi appeared first on PENJURU.ID.

]]>
https://www.penjuru.id/mahfud-md-instruksikan-aparat-respon-laporan-pungli-dengan-baik-pelapornya-jangan-dikriminalisasi/feed/ 0
Langgar Prokes dan Kasus Positif Covid-19, Tujuh Sekolah di Jakarta Ditutup https://www.penjuru.id/langgar-prokes-dan-kasus-positif-covid-19-tujuh-sekolah-di-jakarta-ditutup/ https://www.penjuru.id/langgar-prokes-dan-kasus-positif-covid-19-tujuh-sekolah-di-jakarta-ditutup/#respond Fri, 24 Sep 2021 09:24:08 +0000 https://www.penjuru.id/?p=40243 PENJURU.ID | Jakarta – Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan, selama penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas campuran,

The post Langgar Prokes dan Kasus Positif Covid-19, Tujuh Sekolah di Jakarta Ditutup appeared first on PENJURU.ID.

]]>
PENJURU.ID | Jakarta – Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan, selama penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas campuran, ada tujuh sekolah yang ditutup karena ada temuan kasus positif Covid-19 dan pelanggaran protokol kesehatan. Di sisi lain, terkait beredarnya informasi ada 25 kluster pembelajaran tatap muka, Disdik DKI memastikan tidak pernah merilis data itu.

Kepala Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah menjelaskan soal klaster penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

“Saya sampaikan pada kesempatan ini ya. Jadi, kalau yang 25 itu silakan konfirmasi ke Kemendikbud. Kita tidak pernah merilis hal itu. Namun, setelah kita evaluasi per tanggal 22 September itu memang ada 7 sekolah yang diberlakukan penutupan sementara, 6 diantaranya karena ditemukan kasus positif 1 orang, dan 1 karena melanggar prokes,” kata Taga kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).

Taga menjelaskan, kluster sekolah itu terjadi di SD Klender 03. Ada satu siswa yang terpapar Covid-19 dan positif, kemudian siswa itu menulari satu siswa lainnya dan positif.

“Saya sampaikan ini biar menjadi pemahaman bersama, 1 SD Klender 03 itu siswa, 1 dan 1 orang jadi 2 orang siswa positif, tapi itu sudah ditracing gak ada lagi penyebarannya. Lalu SMK 66, 1 guru itupun klaster rumah bukan dari sekolah. SDN Pondok Rangon 02, satu siswa juga dari rumah, kemudian SMP PGRI 20, satu orang guru positif. Kemudian SMA 25, satu orang guru positif dan SMA 20 satu siswa positif. SD Jakarta 05 itu karena pelanggaran prokes,” jelasnya.

Oleh sebab itu, ketika ada temuan itu langsung, walaupun itu klaster rumah pihaknya langsung segara menutup sekolah selama tiga hari untuk disemprot disinfektan dan ditracing.

“Ternyata dari 6 sekolah itu hanya 1 yang SD Klender 03 yang ada 1 temannya kena tapi setelah itu gak ada lagi yang kena, semuanya negatif,” tutupnya.

The post Langgar Prokes dan Kasus Positif Covid-19, Tujuh Sekolah di Jakarta Ditutup appeared first on PENJURU.ID.

]]>
https://www.penjuru.id/langgar-prokes-dan-kasus-positif-covid-19-tujuh-sekolah-di-jakarta-ditutup/feed/ 0
Indonesia Waspadai Gelombang ke 3 COVID-19 https://www.penjuru.id/indonesia-waspadai-gelombang-ke-3-covid-19/ https://www.penjuru.id/indonesia-waspadai-gelombang-ke-3-covid-19/#respond Fri, 24 Sep 2021 08:42:27 +0000 https://www.penjuru.id/?p=40239 PENJURU.ID | Nasional – Masyarakat diminta waspada akan kenaikan kasus Covid-19. Mobilitas warga yang kini mulai

The post Indonesia Waspadai Gelombang ke 3 COVID-19 appeared first on PENJURU.ID.

]]>
PENJURU.ID | Nasional – Masyarakat diminta waspada akan kenaikan kasus Covid-19. Mobilitas warga yang kini mulai meningkat membuat pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan potensi lonjakan kasus Covid-19 lagi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan gelombang ketiga COVID-19 bisa mucul karena peningkatan mobilitas disertai abainya warga dengan protocol kesehatan. Tidak hanya dipicu varian baru semata.

“Untuk itu, kita perlu bersama-sama mengantisipasi lonjakan kasus Covid,” katanya seperti dikutip Jumat (24/9/2021).

Lebih lanjut ia menyebutkan, hal in terlihat pula dari data Kementerian Kesehatan, sejak 2 Agustus 2021. Peningkatan mobilitas di Jawa dan Bali telah meningkat secara signifikan.

Ini juga sesuai dengan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang rilis 15 September 2021. Empat wilayah disorot karena memiliki mobilitas tinggi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten.

“Peningkatan mobilitas yang saat ini bahkan sudah menyamai kondisi sebelum pandemi, harus menjadi perhatian bersama, Kita semua harus selalu waspada dan tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan, agar peningkatan mobilitas masyarakat bisa terus sejalan dengan upaya penanganan pandemi Covid-19.” Tegasnya

Sementara itu, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) meminta seluruh rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 selalu siaga menyiapkan kondisi lonjakan kasus. Hal ini untuk mengantisipasi potensi gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Persi Lia Gardenia Partakusuma mengatakan belajar dari pengalaman sebelumnya, Indonesia berpotensi mengalami lonjakan Covid-19 tiga bulan pasca negara tetangga mengalami lonjakan. Menurutnya kasus-kasus Covid-19 yang ditemukan pada pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah bisa menjadi ancaman serius akan lonjakan Covid-19.

“Kami tetap harus mengantisipasi karena bisa saja ada gelombang ketiga yang masuk, karena tetangga kita Singapura dan Malaysia mulai meningkat lagi walaupun di sana, mereka vaksinasinya sudah tinggi,” kata Lia dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang disiarkan melalui kanal YouTube Komisi IX DPR RI Channel, Kamis (23/9).

Indonesia sendiri mencatat total 4,1 warga telah terinfeksi Covid-19 dengan 140.954 kematian. Kasus aktif hingga kemarin sebanyak 49.662.

Selain itu, banyaknya relaksasi atau pelonggaran aktivitas selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turut menyumbang potensi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia terulang kembali, utamanya pada libur panjang Natal dan akhir tahun.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun sudah mengingatkan bahwa kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia belum keluar dari zona bahaya kendati penambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan dalam beberapa pekan terakhir.

The post Indonesia Waspadai Gelombang ke 3 COVID-19 appeared first on PENJURU.ID.

]]>
https://www.penjuru.id/indonesia-waspadai-gelombang-ke-3-covid-19/feed/ 0
Pandemi Covid-19 Jadi Pengaruh Tingginya Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak https://www.penjuru.id/pandemi-covid-19-jadi-pengaruh-tingginya-kekerasan-terhadap-perempuan-dan-anak/ https://www.penjuru.id/pandemi-covid-19-jadi-pengaruh-tingginya-kekerasan-terhadap-perempuan-dan-anak/#respond Fri, 24 Sep 2021 07:15:52 +0000 https://www.penjuru.id/?p=40235 PENJURU.ID | Tangerang – Kondisi pandemi Covid-19 ternyata menjadi salah satu faktor atas maraknya kasus kekerasan

The post Pandemi Covid-19 Jadi Pengaruh Tingginya Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak appeared first on PENJURU.ID.

]]>
PENJURU.ID | Tangerang – Kondisi pandemi Covid-19 ternyata menjadi salah satu faktor atas maraknya kasus kekerasan pada perempuan dan anak. Hal ini setidaknya tercermin dari data kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Tangerang.

Dinas Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PT2TP2A) Kota Tangerang mengungkapkan pada periode Januari hingga September 2021 terdapat 90 kasus kekerasan perempuan dan anak dengan korban mencapai 100 orang baik perempuan dan anak. Angka tersebut meningkat dibanding periode yang sama tahun 2020 yang mencatat 88 kasus dengan 98 korban.

“Kalau dilihat dari kasusnya dalam periode yang sama yakni di bulan Januari hingga September 2021, ada kenaikan sedikit jumlah kasus dan korbannya dibanding tahun lalu. Tahun 2020, ada 88 kasus dengan 98 korban, sementara di periode yang sama tahun ini ada 90 kasus dengan 100 korban baik itu perempuan maupun anak,” ungkap anggota Satgas PPT2TP2A Kota Tangerang, Tuti Subarti saat dihubungi media, Rabu (22/9/2021).

Selain itu di masa pandemi ini, kata Tuti, anak-anak menjadi lebih sering mengakses gawai. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor lain dalam kasus serupa.

“Mungkin karena gadget juga, ya. Gampang lah untuk mengakses itu. Itu juga mempengaruhi, jadi banyak pengaruhnya, bisa berkembang terus tiap tahun pengaruhnya. Memang salah satunya pandemi, karena mungkin di rumah enggak ada kegiatan,” tuturnya.

Tuti menduga pandemi Covid-19 yang mempengaruhi sektor ekonomi menjadi salah satu penyebab meningkatnya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Dugaan ini muncul lantaran kasus kekerasan terhadap anak sebagian besar dilakukan oleh suami atau orang tua.

“Kami menduga peningkatan jumlah korban dan juga kasus kekerasan disebabkan kondisi masyarakat yang lebih sering menghabiskan waktu di rumah selama pandemi Covid-19 sehingga perekonomiannya terganggu. Sehingga ketika ada gesekan kecil biasanya suami atau orang tua melakukan kekerasan,” katanya.

Tuti mengungkapkan angka kekerasan pada perempuan dan anak jauh lebih tinggi dibanding yang dilaporkan pada Dinas PT2TP2A. Hal ini lantaran banyak perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan takut untuk melaporkan kasus kekerasan yang mereka alami.

Angka yang kita rilis ini sebenarnya masih jauh dari angka real-nya karena banyak perempuan atau anak yang masih takut melaporkan kasus kekerasan yang menimpanya,” kata Tuti menambahkan.

Tuti menambahkan pihaknya terus menyosialisasikan agar para korban tak takut untuk melaporkan kekeraan yang mereka alami. Tak hanya kepada Dinas PT2TP2A, Tuti mengatakan, para korban juga diminta berani melapor kepada aparat kepolisian.

“Kita juga sejauh ini sudah membentuk satgas pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak hingga tingkat Kecamatan dan itu yang nanti bisa digunakan masyarakat untuk melaporkan diri bila mendapatkan kekerasan. Masing-masing Kecamatan punya posko pelaporan,” tutupnya.

The post Pandemi Covid-19 Jadi Pengaruh Tingginya Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak appeared first on PENJURU.ID.

]]>
https://www.penjuru.id/pandemi-covid-19-jadi-pengaruh-tingginya-kekerasan-terhadap-perempuan-dan-anak/feed/ 0
Jacob Ereste : Dialog Spiritual Dalam Konteks Kebangsaan https://www.penjuru.id/jacob-ereste-dialog-spiritual-dalam-konteks-kebangsaan/ https://www.penjuru.id/jacob-ereste-dialog-spiritual-dalam-konteks-kebangsaan/#respond Fri, 24 Sep 2021 05:21:22 +0000 https://www.penjuru.id/?p=40231 PENJURU.ID| Jakarta – Ksatria pinandhita adalah sikap manusia yang berjiwa luhur dan ikhlas dalam membela

The post Jacob Ereste : Dialog Spiritual Dalam Konteks Kebangsaan appeared first on PENJURU.ID.

]]>
PENJURU.ID| Jakarta – Ksatria pinandhita adalah sikap manusia yang berjiwa luhur dan ikhlas dalam membela kebenaran demi kebahagiaan dan kesejahteraan bangsanya serta untuk dan demi kemakmuran dan kejayaan negara. Demikian ungkap Mayor Jendral TNI Angkatan Darat Rido Hermawan M.Sc yang juga menjabat Wakil Koordinator Tenaga Ahli Pengajar Lemhamnas (Lembaga Pertahanan Nasional). (24/9/2021)

Untuk menggapai jiwa luhur yang ikhlas dalam pribadi yang paripurna dan menanamkan jiwa ksatria. Adapun makna pinandhita adalah proses pengenalan hakikat hidup, kehidupan dan penghidupan yang ikhlas dengan segala kesadaran menerima keadaan diri yang sejati. Maka itu permakluman atau pemahaman terhadap segala kejadian selalu dalam ikhtiar kesabar, termasuk dalam upaya untuk menggapai keinginan.

Upaya mensyukuri segala sesuatu yang didapat sebagai anugerah Tuhan menjadi kesadaran sebagai bagian dari sikap ksatria bangsa
Indonesia yang sejati dan kental kandungan sifat religiusitasnya.

Essensi dari sikap dan sifat ksatria sejati yang sejati dalam konteks pengabdian kepada bangsa dan negara, bisa mengacu kepada konsep dasar Sapta Marga yang menjadi tuntunan sikap dari jati diri Tentara Nasional Indonesia yang dipegang teguh dalam upaya menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai sandi negara Indonesia.

Patuh dan taat kepada undang undang negara
yang diimplementasikan dalam setiap tindak langkah dan perbuatan yang senantiasa mengutamakan untuk negara dan bangsa Indonesia.

Adapun pengertian berani dalam konteks ksatria dalam menghadapi semua resiko, maka sikap seorang ksatria akan selalu dimanifestasikan dalam bentuk tanggung jawab, sportivitas dan rela menerima semua resiko sebagai konsekuensi dari apa yang telah dilakukan dengan penuh keikhlasan tanpa pamrih.

Cakupan dari rasa
bertanggung jawab atas segala apa yang diucapkan, serta sikap yang menjadi pilihan, dan tindakan yang kemudian dilakukan, semua itu akan dilakukan dengan penuh kesadaran sebagai bagian dari pengabdian ibadhah demi kebenaran dan kehormatan diatas segala-galanya.

Oleb karena itu, seorang ksatria sejati harus mengenal (memahami) hidup, kehidupan dan penghidupan secara hakiki. Karena essensinya adalah merupakan dari keharusan bagi setiap manusia untuk mengetahui sumber dari segala sumber tergelarnya penciptaan kesemestaan dengan segenap isinya, termasuk makhluk hidup lainnya yang ada.

Hidup adalah zat yang menguasai atas segala kesemestaan dan merupakan causa prima utama. Dia Tuhan Yang Maha Kuasa itu kekal adanya dan abadi serta pemilik segala yang ada serta ketiadaan yang sesungguhnya di alam fana ini.

Kehidupan adalah rentang ruang dan waktu dengan segenap talenta berdimensi kemanusiaan sebagai mahluk yang sejak lahir kedunia hingga kemudian harus menemui ajal meninggalkan dunia yang fana dalam dimensi kekiniannya.

Dalam dimensi ini, menurut Jendral Rido Hermawan M.Sc akan berlaku hukum paradoks semacam tools untuk mendinamisasi kisah hidup setiap manusia di bumi. Maka itu makna penghidupan harus dipahami dari segala bentuk fasilitas untuk berperannya manusia sebagai mahluk Tuhan guna menjalankan fungsinya yang di amanahkan sebagai khalifah di muka bumi. Oleh sebab itu, tatkala disadari bila telah terjebak dalam keserakahan diri untuk menggambil atau mendapatkan fasilitas hidup dan kehidupan yang berlebihan, karena semata-mata lupa dengan peranan yang harus dilakukan sebagai makhluk Tuhan. Maka itu bagi siapa saja yang merasa telah terjebak dalam jalan sesat itu, akan berkutat dalam medan pertikaian yang tak berkesudahan.

Karena itu, cara yang bijak juga perlu dilakukan dengan cara mengambil secukupnya saja yang diperlukan, tidak berlebih, sekedar untuk dapat menjalankan peran dengan baik dan nyaman (sesuai peran) yang seharusnya senantiasa diorientasikan pada tujuan hidup yang hakiki.(Red. Fiyan)

The post Jacob Ereste : Dialog Spiritual Dalam Konteks Kebangsaan appeared first on PENJURU.ID.

]]>
https://www.penjuru.id/jacob-ereste-dialog-spiritual-dalam-konteks-kebangsaan/feed/ 0
Pemuda Ansor Kota Kraksaan, Ajak Brantas Monopoli di Dunia Usaha https://www.penjuru.id/pemuda-ansor-kota-kraksaan-ajak-brantas-monopoli-di-dunia-usaha/ https://www.penjuru.id/pemuda-ansor-kota-kraksaan-ajak-brantas-monopoli-di-dunia-usaha/#respond Fri, 24 Sep 2021 03:55:59 +0000 https://www.penjuru.id/?p=40225 PENJURU.ID | Probolinggo –  Gerakan Pemuda Ansor Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo, diajak untuk memerangi adanya

The post Pemuda Ansor Kota Kraksaan, Ajak Brantas Monopoli di Dunia Usaha appeared first on PENJURU.ID.

]]>
PENJURU.ID | Probolinggo –  Gerakan Pemuda Ansor Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo, diajak untuk memerangi adanya praktek monopoli di bidang usaha yang tidak sehat.

Hal itu tertuang dalam Sosialisasi Undangan-undangan Nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, yang di gagas oleh Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza dan menggandeng Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Sekretaris PC GP Ansor Kota Kraksaan, Musairi Hasan Ansori mengatakan, kalau di libatkannya Pemuda Ansor tersebut sebagai ujung tombak untuk menuju dunia usaha yang sehat.

“Ini sebagai promoter ujung perubahan dalam dunia usaha. Sehingga praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat dapat di lawan,” jelasnya, Jum’at (24/09/2021).

Sehingga, sosialisasi undang-undang nomor 5 tahun 1999 ini sangat penting dilakukan untuk para pemuda Ansor.

“Karena sebagai bekal di lapangan untuk memerangi adanya praktek monopoli di lapangan atau dunia usaha,” paparnya.

Komisioner KPPU RI, Afif Hasbullah mengatakan, kalau peran KPPU selama ini cukup fundamental di tengah praktik persaingan bisnis dengan beragam corak ideologi yang berkembang.

“Peran KPPU sebagai pengawas. Peran kita setidaknya bisa menjadi perisai bagi pelaku usaha kecil atau UMKM yang rentan terhadap praktik monopoli usaha besar,” jelasnya.

Sehingga KPPU, kedepan tidak hanya bersifat pasif dalam mengimplementasikan amanat UU praktik usaha, melainkan proaktif melalui kewenangan yang lebih luas.

“Tidak hanya sekedar itu saja. KPPU diberikan kewenangan pengawasan yang lebih konkret. Ini jadi hal yang sangat mendesak di tengah dinamika dunia bisnis yang makin kompleks,”tegasnya.

Sementara itu, Ketu Komisi VI DPR RI, Faisol Riza mengatakan, keberadaan KPPU sangat diperlukan untuk meminimalisir praktik monopoli di sektor bisnis.

“Keberadaan KPPU juga menunjukkan bahwa sistem ekonomi yang kita jalankan berbeda dengan sistem ekonomi kapitalisme yang bertentangan dengan ekonomi Pancasila berbasis gotong royong,” terangnya, saat membuka sosialisasi tersebut secara virtual.

Menurutnya, KPPU harus mampu mengawal jalannya praktek bisnis di negeri ini sesuai dengan sistem demokrasi ekonomi yang berpijak pada kepentingan publik.

“Termasuk praktik usaha atau bisnis korporasi lokal dan asing harus berpegang teguh pada kaidah demokrasi ekonomi yang memperhatikan kepentingan umum sebagaimana tertuang dalam Pasal 2 dan 3 UU 5 tahun 1999,” tandasnya.

Sehingga masih kata Politisi PKB ini, perlu diperkuat agar tidak terjadi monopoli bisnis yang bertolak belakang dengan spirit UU 5 tahun1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

“Peran warga Nahdliyyin sangat di butuhkan. Sehingga, praktik monopoli inu tidak terjadi di pasar atau tempat perbelanjaan lainnya,” pungkasnya.

(Prasojo)

The post Pemuda Ansor Kota Kraksaan, Ajak Brantas Monopoli di Dunia Usaha appeared first on PENJURU.ID.

]]>
https://www.penjuru.id/pemuda-ansor-kota-kraksaan-ajak-brantas-monopoli-di-dunia-usaha/feed/ 0
Ramses Terry: Tinjauan Hukum Mengenai MalPraktek Dokter https://www.penjuru.id/ramses-terry-tinjauan-hukum-mengenai-malpraktek-dokter/ https://www.penjuru.id/ramses-terry-tinjauan-hukum-mengenai-malpraktek-dokter/#respond Fri, 24 Sep 2021 03:16:33 +0000 https://www.penjuru.id/?p=40222 PENJURU.ID | Jakarta – Ramses Terry SH.MH.MA, Pengamat Hukum & Kebijakan Publik, Praktisi Hukum &

The post Ramses Terry: Tinjauan Hukum Mengenai MalPraktek Dokter appeared first on PENJURU.ID.

]]>
PENJURU.ID | Jakarta – Ramses Terry SH.MH.MA,
Pengamat Hukum & Kebijakan Publik, Praktisi Hukum & Akademisi, Wakil Bid. UPA DPN Peradi memaparkan mengenai malpraktek yang terjadi pada Publik.

Malpraktek yang dilakukan oleh dokter atau biasa di istilahkan sebagai malpraktek, sehingga dalam setiap literatur dibedakan menjadi beberapa istilah yaitu kesalahan medik, pengabaian medik, dan kesalahan dikarnakan obat.

Malpraktek berasal dari kata malpractive pada pengertiannya yaitu kesalahan dalam setiap menjalankan Profesinya sebegai dokter oleh karna itu, medical malpractice yaitu merupakan suatu kesalahan didalam menjalankan Profesinya sebagai seorang Dokter.

Apabila kita melihat dalam rumusan Pasal 51 UU No. 29 Tahun 2024 tentang Praktik Kedokteran yaitu :
1. Memberikan pelayanan medis sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional serta kebutuhan medis untuk pasien.

2. Merujuk pasien ke dokter atau dokter gigi lain yang mempunyai keahlian atau kemampuan yang lebih baik, apabila tidak mampu melakukan suatu pemeriksaan atau pengobatan terhadap pasien.

3. Merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang pasien, bahkan juga setelah pasien itu meninggal dunia.

4. Melakukan pertolongan darurat atas dasar perikemanusiaan, kecuali bila ia yakin ada orang lain yang bertugas dan mampu melakukannya dan,

5. Menambah ilmu pengetahuan serta mengikuti perkembangan ilmu kedokteran atau kedokteran gigi.

Maka, apabila dokter melakukan suatu kesalahan atau dengan kata lain melakukan malpraktek, ia dapat di tuntut secara pidana maupun perdata, dengan dilakukan pembuktian berdasarkan Yuridis dan berdasarkan standar profesi kedokteran.

Dokter yang melakukan kesalahan atau dengan kata lain melakukan malpraktik, dapat dipidana sesuai dengan rumusan Pasal 75 ayat (1) Jo Pasal 76 Jo Pasal 79 UU No. 29 Tahun 2004 tentang praktik kedokteran.

Apabila malpraktek itu dilakukan dengan sangat tidak berhati- hati oleh seorang dokter maka dapat dipidana sesuai dengan rumusan Pasal 359 Jo Pasal 360 Jo Pasal 361 KUHP. Apabila kita melihat Pasal 359 dan 360 KUHP terkait unsur unsurnya yaitu sebagai berikut :
1. Ada kelalaian/kesalahan Manusia (Human Error).

2. Ada wujud perbuatan tertentu.

3. Adanya akibat luka berat atau meninggalnya orang lain.

4. Adanya hubungan kausal antara wujud perbuatan dengan mengakibatkan meninggalnya orang lain.

Terkait malpraktek oleh seorang dokter didalam tindakan medik harus dibuktikan dengan cara, yaitu :
1. Adanya kewajiban yang timbul dari hubungan terapetis.

2. Tidak melaksanakan kewajiban yang seharusnya dilaksanakan.

3. Timbulnya kerugian atau kecideraan.

4. Adanya hubungan antara kerugiaan dan kecideraan dengan suatu kegagalan dalam melaksanakan kewajibannya.

Sehingga kasus malpraktek yang dilakukan seorang dokter akan membawa dampak tidak baik, dan banyak menimbulkan kerugian sehingga, secara otomastis akan menimbulkan gangguan mental atau psikis pada pasien juga.

Didalam pelayanan kesehatan, salah satu alat bukti yang dapat dipakai didalam pembuktian adanya suatu malpraktek yaitu rekam medis, karna alat bukti rekam medis dapat melindungi Rumah Sakit, Dokter dan Pasien yaitu yang diatur dalam Permenkes No. 269/Menkes/Per/III/2008 yang ada dalam Rumusan Pasal 5 jo Pasal 6, Jo Pasal 13.

Sehingga dengan demikian, ada atau tidaknya perbuatan malpraktek yang dilakukan/Tindakan oleh seorang dokter dalam setiap penanganan pasien, akan dapat terlihat jelas didalam rekam medis tersebut. Maka rekam medis dapat dipakai sebagai alat bukti/pembuktian dalam proses penegakan hukum pidana maupun hukum perdata, dan dapat dipakai di dalam proses disiplin kedokteran dan dokter gigi, serta etika kedokteran dan etika dokter gigi. (Red. Fiyan)

The post Ramses Terry: Tinjauan Hukum Mengenai MalPraktek Dokter appeared first on PENJURU.ID.

]]>
https://www.penjuru.id/ramses-terry-tinjauan-hukum-mengenai-malpraktek-dokter/feed/ 0
Terima Audiensi PPWI, DPRD Kabupaten Bogor Siap Bersinergi https://www.penjuru.id/terima-audiensi-ppwi-dprd-kabupaten-bogor-siap-bersinergi/ https://www.penjuru.id/terima-audiensi-ppwi-dprd-kabupaten-bogor-siap-bersinergi/#respond Fri, 24 Sep 2021 02:29:23 +0000 https://www.penjuru.id/?p=40219 PENJURU.ID | Cibinong – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto melalui Ketua Komisi I DPRD

The post Terima Audiensi PPWI, DPRD Kabupaten Bogor Siap Bersinergi appeared first on PENJURU.ID.

]]>
PENJURU.ID | Cibinong – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto melalui Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman beserta jajaran Komisi I DPRD Kabupaten Bogor menerima audiensi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Kabupaten Bogor, Rabu (22/9/2021). Adapun maksud dan tujuan audiensi tersebut untuk membangun silaturahmi dengan Pimpinan dan Jajaran DPRD Kabupaten Bogor sekaligus ingin menyatukan konsep dan persepsi agar ke depan program kerja PPWI Kabupaten Bogor dan DPRD Kabupaten Bogor dapat berjalan dengan baik serta meningkatkan sinergitas untuk membangun Kabupaten Bogor ke depan yang lebih baik.

Pertemuan yang bersahaja itu dilaksanakan lebih kurang selama 2 jam, di ruang rapat Komisi I DPRD Kabupaten Bogor. Dalam sambutannya, Usep Supratman menyampaikan, audiensi ini diterima oleh komisi yang membidangi yaitu Komisi I DPRD Kabupaten Bogor untuk memaksimalkan program kerja dan aspirasi yang akan disampaikan oleh PPWI Kabupaten Bogor.

“Di luar kesibukan Pimpinan DPRD Kabupaten Bogor, beliau memerintahkan kami selaku komisi yang membidangi (Komisi I DPRD Kabupaten Bogor-red) untuk menerima audiensi dari rekan-rekan PPWI Kabupaten Bogor, agar rekan-rekan lebih maksimal menyampaikan ide-ide atau gagasannya,” ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut Ketua PPWI Kabupaten Bogor, Wiri Yutruski memperkenalkan beberapa orang perwakilan kepengurusan PPWI Kabupaten Bogor, mulai dari Ketua Harian, Sekretaris sampai ke struktur bidang-bidang. Serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Bogor untuk waktu yang telah diberikan.

“Ini merupakan sebuah apresiasi Pimpinan dan Jajaran DPRD Kabupaten Bogor terhadap kepengurusan PPWI Kabupaten Bogor,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Hukum dan Advokasi PPWI Kabupaten Bogor, Berto Harianja, ikut menyampaikan beberapa program kerja tahunan organisasi pewarta itu salah satunya di bidang pertanahan. “Sebagaimana yang kita ketahui, akhir-akhir ini telah mencuat beberapa kasus di bidang pertanahan yang terjadi di Bumi Tegar Beriman, seperti tumpang tindihnya hak guna usaha, hak guna bangunan, dan hak guna pengelolaan,” ujarnya.

Berto berharap, DPRD Kabupaten Bogor bisa mendorong Pemda Kabupaten Bogor agar lebih mengoptimalkan Keberadaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) yang ada di Kabupaten Bogor. “Harapan kita agar DPRD Kabupaten Bogor, ikut mengambil bagian untuk penyelesaian beberapa kasus sengketa tanah yang terjadi di Kabupaten Bogor, seperti yang dilakukan wakil rakyat di tingkat pusat yang baru-baru ini telah melakukan Rakor dengan Kementerian ATR/BPN RI, membahas dan mendesak Kementerian ATR/BPN RI untuk segera menyelesaikan kasus sengketa tanah yang terjadi di berbagai daerah,” ujarnya.

Di akhir kesempatan, atas nama Pimpinan DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman, menampung semua aspirasi yang disampaikan oleh kepengurusan PPWI Kabupaten Bogor untuk ditindaklanjuti. (Red. Fiyan/WRI/NJK)

The post Terima Audiensi PPWI, DPRD Kabupaten Bogor Siap Bersinergi appeared first on PENJURU.ID.

]]>
https://www.penjuru.id/terima-audiensi-ppwi-dprd-kabupaten-bogor-siap-bersinergi/feed/ 0
Kadis Dinkes Dilantik, Bersama 68 Pegawai Lainnya Oleh Wakil Walikota Tangerang. https://www.penjuru.id/kadis-dinkes-dilantik-bersama-68-pegawai-lainnya-oleh-wakil-walikota-tangerang/ https://www.penjuru.id/kadis-dinkes-dilantik-bersama-68-pegawai-lainnya-oleh-wakil-walikota-tangerang/#respond Thu, 23 Sep 2021 23:33:51 +0000 https://www.penjuru.id/?p=40216 PENJURU.ID| KOTA TANGERANG – Wakil Wali Kota Tangerang, H.Sachrudin, melantik sebanyak 68 pegawai Pemerintah Kota

The post Kadis Dinkes Dilantik, Bersama 68 Pegawai Lainnya Oleh Wakil Walikota Tangerang. appeared first on PENJURU.ID.

]]>
PENJURU.ID| KOTA TANGERANG – Wakil Wali Kota Tangerang, H.Sachrudin, melantik sebanyak 68 pegawai Pemerintah Kota Tangerang untuk mengisi sejumlah kekosongan jabatan strategis serta rotasi sejumlah pejabat.

Salah satu jabatan yang di isi dalam pelantikan tersebut adalah jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, di mana dr. Dini Anggraeni secara resmi dilantik setelah sebelumnya menjabat sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan, selain itu untuk Sekretaris Dinkes dijabat oleh dr. Darto.

“Posisi Kadinkes penting untuk segera diisi, mengingat saat ini Pemkot Tangerang tengah melakukan sejumlah kegiatan dalam kaitan penanganan Covid-19,” ujar Sachrudin usai acara pelantikan yang berlangsung secara hybrid di ruang Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis, 23 September 2021.

Sachrudin menambahkan, dengan dilakukannya pengisian sejumlah jabatan serta rotasi yang dilakukan akan semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dimanapun bertugas tetap junjung tinggi profesionalitas dan semangat melayani untuk masyarakat,” pesan Sachrudin.

Untuk diketahui, acara pelantikan tersebut diikuti sebanyak 68 pegawai Pemkot Tangerang untuk mengisi sejumlah jabatan diantaranya administrator, pengawas dan juga dokter yang diberi tugas tambahan sebagai kepala UPT Puskesmas.

(Adella)

The post Kadis Dinkes Dilantik, Bersama 68 Pegawai Lainnya Oleh Wakil Walikota Tangerang. appeared first on PENJURU.ID.

]]>
https://www.penjuru.id/kadis-dinkes-dilantik-bersama-68-pegawai-lainnya-oleh-wakil-walikota-tangerang/feed/ 0
Koramil 0820/26 Tegalsiwalan, Turun Ke wilayah dukung Percepatan Vaksinasi https://www.penjuru.id/koramil-0820-26-tegalsiwalan-turun-ke-wilayah-dukung-percepatan-vaksinasi/ https://www.penjuru.id/koramil-0820-26-tegalsiwalan-turun-ke-wilayah-dukung-percepatan-vaksinasi/#respond Thu, 23 Sep 2021 11:31:22 +0000 https://www.penjuru.id/?p=40210 PENJURU.ID  | Probolinggo – Upaya  mempercepat pelaksanaan vaksinasi diwilayah binaanya anggota Koramil 0820/26 Tegalsiwalan langsung

The post Koramil 0820/26 Tegalsiwalan, Turun Ke wilayah dukung Percepatan Vaksinasi appeared first on PENJURU.ID.

]]>
PENJURU.ID  | Probolinggo – Upaya  mempercepat pelaksanaan vaksinasi diwilayah binaanya anggota Koramil 0820/26 Tegalsiwalan langsung ikut kelapangan dalam rangka memberikan pemahaman akan arti pentingnya pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat. Kamis (23/09/2021)

Seperti yang dilakukan oleh Serka. Choirun, yang melaksanakan pendampingan vaksinasi dosis 1 bagi warga Desa Gunung Bekel dan Desa Tegal Mojo, Kecamatan Tegalsiwalan.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan secara sinergi dengan nakes Kecamatan Tegalsiwalan, Babinkantibmas beserta anggota Koramil, ucap,” Serka. Choirun.

“Hal yang sama juga disampaikan oleh Danramil 0820/26 Tegalsiwalan,  Kapt. Kav. Jauhari, bahwa anggota Koramil yang berada di lapangan berperan aktif dalam pencapaian Vaksinasi,” jelasnya.

“Guna memberikan peningkatan imun bagi masyarakat di Kecamatan Tegalsiwalan, serta kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya di dalam memberikan kekebalan kepada masyarakat agar terhindar dari penularan virus covid 19, pungkas,” Kapt. Kav. Jauhari.

(Prasojo)

The post Koramil 0820/26 Tegalsiwalan, Turun Ke wilayah dukung Percepatan Vaksinasi appeared first on PENJURU.ID.

]]>
https://www.penjuru.id/koramil-0820-26-tegalsiwalan-turun-ke-wilayah-dukung-percepatan-vaksinasi/feed/ 0