Pulau Sangiang destinasi wisata Banten

  • Whatsapp
Keindahan Pulau Sangiang

PENJURU.ID | Banten – Siapa yang tidak kenal dengan Banten, memiliki beberapa Pulau yang indah, salah satunya adalah Pulau Sangiang, Pulau Sangiang merupakan Pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatera.

Pulau tersebut sudah berpenghuni sejak abad ke-19. Saat itu Raja Lampung menghimbau kepada warga agar menempati Pulau Sangiang. Pulau ini juga pernah disinggahi oleh penduduk Jepang saat menjelang Perang Dunia II (1942-1945). Ketika itu, Jepang membangun Pos pengamanan di Pulau Sangiang yang dilengkapi dengan rel besi untuk dilewati kapal perang mereka.

Bacaan Lainnya

Lokasi Pulau Sangiang ini berada di Anyer, wilayah Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Menurut masyarakat setempat dulunya pulau ini tidak berpenghuni dan hanya di jadikan pulau transit untuk para nelayan selepas mencari ikan. Tetapi sekarang pulau Sangiang ini di jadikan tempat wisata alam, karena memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Selain itu pulau Sangiang juga memiliki karang yang dihiasi ikan bewarna-warni.

Pemandangan hijau dari hutan bakau yang ada di pulau Sangiang seolah memanjakan mata pengunjung saat menuju pulau tersebut. Saat sampai di pulau Sangiang kita disuguhkan dengan pulau yang sangat bersih dan indah. Kita juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan cara snorkeling atau diving.

Pulau Sangiang juga memiliki peninggalan bersejarah yaitu sisa-sisa pada saat zaman perang dunia Ke-2, seperti benteng pertahanan jepang dan alat perang. Jika pengunjung ingin memasuki kawasan tersebut harus memiliki izin dari pos TNI AL.

Di pulau ini fasilitas yang tersedia hanya berupa bangunan polisi hutan dan pos TNI AL. Kedua bangunan ini juga menjadi tempat pengunjung untuk menginap sekaligus beristirahat.

Selain itu, bagi yang ingin dekat dengan alam, polisi hutan juga menyediakan tenda sebagai fasilitas pendukung lainnya bagi pengunjung yang ingin bermalam di pulau Sangiang.

 

(IPM)

Pos terkait