PENJURU.ID | – Jakarta – Pada situasi Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sangat berefek besar bagi masyarakat, karena daya beli masyarakat yang kian menurun, banyak perusahaan meminimalisir pengeluarannya agar dapat bertahan dengan memberhentikan karyawan-karyawannya. Karyawan yang di Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaan berlomba-lomba mencari jalan keluar demi bertahan hidup, mendirikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu jalannya, Kamis (17/12/2020).
Persaingan yang semakin ketat, memicu setiap pelaku bisnis berinovasi mengembangkan reputasi brandnya, namun adanya keterbatasan informasi dan pengetahuan dalam branding menjadi hambatan yang cukup sering dijumpai oleh pelaku UMKM. Maka dari itulah pentingnya edukasi & strategi mengenai corporate branding yang direalisasikan melalui digital PR, agar pelaku UMKM dapat bertahan dalam persaingan dengan membuat konten-konten kreatif untuk membangun reputasi usahanya dan memiliki “pembeda” dengan produk sejenisnya di pasaran.
Oleh sebab itu, Mari Digital ada untuk membantu para pelaku UMKM agar teredukasi dan terlatih dengan baik dalam mempraktekkan digital branding untuk bersaing di dunia usaha. Mari Digital yang diciptakan oleh 5 Mahasiswi Mercu Buana semester 7 dalam mata Kuliah Peduli Negeri ini, Jl. Raya, RT.4/RW.1, Meruya Sel., Kec. Kembangan, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11650 memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM dengan mengadakan “Workshop dan Pelatihan Digital Branding UMKM”.
Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Mari Digital yaitu: pembuatan konten-konten edukasi pada akun Instagram @maridigital.id, workshop pertama, pelatihan dan bimbingan pembuatan konten, kontes konten terbaik, serta workshop evaluasi kegiatan.
Workshop pertama dilaksanakan pada Sabtu, 14 November 2020. Workshop yang dilaksanakan dengan dikepalai oleh Rista Annisa Rachma selaku pembicara 3 ini telah dihadiri oleh 20 peserta UMKM, 4 anggota lain yaitu Sonya Alfinatasya sebagai moderator, pembicara 1 Tasya Melinda, pembicara 2 Kholifah, dokumentasi yang dikendalikan oleh Chindy Yustika Juliani serta 1 pembicara dari @vivalamoda.id, yaitu Muthia Eka Savitri.
Workshop yang berlangsung selama 2 jam 13 menit ini berjalan dengan lancar, pembicara mengutarakan materinya dengan baik, begitu pula dengan narasumber. Narasumber sebagai pemilik usaha @vivalamoda.id pada platform shopee ini telah menyandang gelar star seller ditengah maraknya persaingan antar penjual di shopee. Narasumber yang kerap disapa Muthi ini juga menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta dengan lancar dan memuaskan. Workshop berjalan dengan sebagaimana mestinya dan berlangsung cukup interaktif.

Rista Annisa Rachma selaku Ketua Pelaksana dan Pembicara 3 mengutarakan,
” Setelah workshop pertama usai, peserta menjalankan pelatihan pembuatan konten selama 2 minggu. Setiap 1 anggota Mari Digital membimbing 4 pelaku UMKM selama pelatihan berlangsung. Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka dan juga daring melalui whatsapp videocall ataupun chat, ” Ujar Rista Annisa Rachma.
Selama pelatihan, peserta dipantau dan dibimbing dengan sebagaimana mestinya dengan saling berbagi ide konten, ide desain, pemilihan warna, pembuatan caption dan lain sebagainya oleh masing-masing anggota kelompok. Peserta juga dianjurkan membuat konten minimal 3 kali dalam seminggu.
Seusai pelatihan, Mari Digital melaksanakan workshop evaluasi yang diselenggarakan pada hari Minggu, 6 Desember 2020. Workshop ini membahas mengenai evaluasi kegiatan serta pengumuman pemenang konten terbaik. Adapun pertimbangan penilaian dari konten yaitu isi konten, informasi yang jelas, unsur estetika (keselarasan warna, pemilihan font, kerapian dsb), serta caption yang menarik. Atas pertimbangan-pertimbangan tersebut, @joylilpops meraih juara pertama, dan disusul dengan @laukenyaang sebagai juara kedua.
Atas kreatifitasnya, pemenang pertama dan kedua mendapatkan reward masing-masing sebesar Rp. 200.000,- sebagai tambahan modal usaha dan tidak lupa peserta lain juga menerima reward berupa virtual money dengan total Rp. 450.000,- karena telah berpartisipasi dan belajar bersama Mari Digital dalam memperkuat branding secara digital pada usahanya masing-masing.
” Dengan diadakannya event ini, Mari Digital berharap para peserta memiliki tambahan bekal ilmu digital branding agar dapat memanfaatkan sosial media sebaik mungkin dalam pengenalan produk dan mereknya kepada khalayak. Hal ini bertujuan agar para pelaku UMKM dapat bersaing di dunia usaha yang semakin ketat dari waktu ke waktu, ” Tutup Rista Annisa Rachma.
(INS)