Backup Mabes Polri dan Polda Jatim, Polres Probolinggo Kota Bentuk Satgas Pamwal Capres Cawapres

PENJURU.ID | Probolinggo – Sebanyak 444 personel kepolisian dikerahkan untuk pengamanan dan pengawalan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang mana ditugaskan selama 222 hari dalam Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan dan Pengawalan Capres-cawapres dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 Pemilu Damai.

Kasatgas PAM Capres-cawapres Operasi Mantap Brata 2023-2024 Brigjen Pol Suhendri mengatakan, 444 personel tersebut telah menjalani uji kesiapan dengan peragaan skema antisipasi kendala proses Pemilu 2024. Termasuk, mengantisipasi ancaman penyerangan terhadap pasangan capres-cawapres.

Adapun Polres Probolinggo Kota sendiri turut membentuk Satgas Pamwal Capres Cawapres di tingkat Satwil dalam rangka backup Mabes Polri dan Polda Jatim.

“ Di samping tugas dan jabatan sehari-hari, ada 15 personil Polres Probolinggo Kota yang ditunjuk sebagai Satgas Pamwal Capres Cawapres pada Tahap kampanye Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Ops Mantap Brata Semeru 2023 – 2024” yang dilaksanakan mulai tanggal 4 Desember s.d. 10 Februari 2023 “, jelas Kapolres Probolinggo Kota melalui Plt Kasi Humas Iptu Zainullah, selasa (05/12/23).

“Mereka sudah kita bekali dengan ilmu pengetahuan baik itu terkait dengan peraturan perundang-undangan oleh KPU, Bawaslu, kemudian kita bekali dengan perkiraan intelijen tentang situasi keamanan menjelang sampai pelaksanaan sampai pasca pelaksanaan pemilu 2023-2024 ini,” ucapnya.

Iptu Zainullah menerangkan Satgas bantuan tersebut terdiri dari Satgas Pamwal yaitu pengawalan lalu lintas baik R2 maupun R4, pengawalan pribadi, tim advance, Medis dan tim penyelamatan.

“ Tugas mereka diawali dari masa persiapan kampanye sampai dengan konsolidasi, bersinergi dengan Satgas Pamwal Capres Tingkat Polda maupun Mabes Polri, ” pungkasnya.

(Prasojo)

Pos terkait