Desa Sukapura Angkat Ikon Pring Tengger, Kuatkan Ekonomi Desa Berdaya Penyangga Kawasan Wisata Bromo

PENJURU.ID | Probolinggo – Setelah sukses menjadi desa mandiri, desa sukapura di launching menjadi desa berdaya. Senin (30/10/2023)

Selain desa sukapura sebagai desa mandiri ada satu desa mandiri lagi di kecamatan sukapura yaitu desa ngadisari.

Dengan semangat kerja sama masyarakat dan pemerintah desa sukapura serta para pemuda dan karang taruna maupun pengrajin, desa sukapura sebagai penyangga kawasan wisata gunung bromo, bertekat untuk mendorong ekonomi masyarakat yang tetap menonjolkan kearifan lokal yaitu pring tengger.

Karena desa sukapura kaya dengan sumber daya alam bambu asli tengger, yang mana pemanfaatannya selama ini kurang maksimal, nantinya dengan pemberdayaan masyarakat dan UMKM melalui edukasi dan pelatihan diharapkan bambu yang ada di desa sukapura bisa menjadi nilai ekonomis.

” Kami terus memotivasi para pengrajin bambu, atau usaha UMKM yang ada di desa sukapura dengan menggandeng karang taruna tokoh pemuda dan masyarakat agar bisa menciptakan kerajinan bambu yang lebih ekonomis, dengan kearifan lokal meningkatkan SDM, dengan SDA¬† membuat kerajinan bambu, namun isinya adalah oleh oleh khas tengger, yang nantinya kita pasarkan agar wisatawan mengenal oleh oleh khas dari desa sukapura, ” Ucap kordinator desa berdaya sukapura Antonius Sonata.

Desa sukapura yang berdaya merupakan awal pemicu semangat, agar nantinya kegiatan ini tidak hanya ramai di awal saja namun terus maju berkembang.

” Ini merupakan awal pemicu yang mana awal kegiatan desa sukapura, sehingga tidak cukup berhenti disini, namun bisa berkembang berkreasi dengan mengembangkan potensi yang ada di desa, nantinya bisa berkolaborasi dengan pengusaha hotel, atau memberikan edukasi, agar wisatawan juga bisa belajar cara membuat kerajinan dari bambu, kami pemerintah kabupaten Probolinggo akan memberikan suport dengan mengajukan bantuan ke dinas propinsi jatim, semoga di tahun 2024 nanti di desa sukapura sudah ada gerai untuk pemasaran hasil karyannya, ” Terang DPMD Kabupaten Probolinggo Farhan Hidayat S.T

Dengan di hadiri forkopimka kecamatan sukapura, karang taruna, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pengrajin bambu, SMK Negeri Sukapura, serta DPMD Propinsi Jatim, Desa Berdaya Sukapura resmi di Launching.

” Selamat kepada desa sukapura yang mana telah berhasil menjadi desa mandiri, terus berkreasi berkarya untuk menciptakan ekonomi kreatif, sebagai penyanggah kawasan wisata bromo, bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di desa dengan terus berinovasi memaafkan sumber daya kearifan lokal pring tengger, ” Pungkas camat sukapura Drs. Saiful Hidayat M.M.

(Prasojo)

Pos terkait