Sukseskan Pemilu 2024, Rutan kraksaan Gandeng KPU Lakukan Sosialisasi

PENJURU.ID | Probolinggo –  Menyambut Pemilu tahun 2024 KPU gencar melakukan sosialisasi tata cara pencoblosan surat suara pemilu kepada seluruh warga masyarakat tidak terkecuali para warga binaan yang ada di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kraksaan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur pada Rabu (31/01) siang.

Bertempat di Aula Pengayoman Rutan Kelas IIB Kraksaan kegiatan dibuka oleh Kaubsie Pelayanan Tahanan, Salugu Widya Utama dan dihadiri oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Probolinggo, Agus Andriyono Andinata beserta ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kraksaan yang mengikuti kegiatan.

Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kesadaran penggunaan hak pilih suara dan mensosialisasikan tata cara pemilu, dan menyampaikan pada warga pemilih agar jangan pernah menerima money politic.

Kasubsie Pelayanan Tahanan, Salugu Widya Utama mengatakan bahwa Rutan Kraksaan khususnya jajarannya akan terus mengupdate data terkait pemilih di TPS Khusus Rutan Kraksaan demi menjamin hak pemilih warga binaan pemasyarakatan dapat terlaksana untuk mensukseskan Pemilu Tahun 2024.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Probolinggo, Agus Andriyono Andinata dalam sambutannya mengatakan bahwa Pihaknya sangat mengharapkan partisipasi seluruh warga binaan untuk menggunakan hak suaranya.

Selain itu Agus Andriyono juga mensosialisasikan tentang 5 macam surat suara yang diterbitkan serta siapa saja yang mendapat hak suara tergantung dengan asal daerah sesuai data kependudukan atau KTP.

Sementara itu di kesempatan berbeda, Kepala Rutan Kelas IIB Kraksaan, Alzuarman juga berterima kasih kepada Ketua KPU Kabupaten Probolinggo dan jajaranya, atas terselenggaranya acara sosialisasi ini. Sehingga walaupun WBP berada di dalam rutan, tapi hak kostitusinya tetap difasilitasi, serta kerja sama antara pihak Rutan Kraksaan, KPU Kabupaten Probolinggo, dinas dukcapil kabupaten probolinggo dan bawaslu kabupaten probolinggo berjalan dengan baik.

“Harapan kita semoga pada saatnya nanti tanggal 14 Februari 2023, pada saat pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib,” tandasnya.

(Prasojo)

Pos terkait