BEM ITB Asia Malang Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan, Kaji Peran Pemuda

PENJURU.ID | Malang |  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITB Asia Malang mengadakan kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran berbangsa dan bernegara yang diikuti oleh 165 mahasiswa. Sabtu, (25/06/2022).

Kegiatan yang bertempat di Ruang Harvard Kampus pusat ini berlangsung hybrid dan disambut antusias oleh mahasiswa Institut Asia Malang.

Seminar Wawasan Kebangsaan yang mengusung tema “Peran Generasi Muda dalam mempertahankan pendidikan Ideologi Bangsa” ini merupakan kegiatan akhir program kerja Kabinet Hasta Baswara dengan menghadirkan Pemateri yakni Kombes Pol Dr. M. Arsal Sahbanan, S.H., SIK., M.M., M.H. secara online dan pemateri kedua Letnan Kolonel Inf (Purn) Drs. Didi Suryadi, M.AP secara offline.

Ketua Pelaksana kegiatan Dandi Indrawanto menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan secara secara gratis yang nantinya para peserta berhak mendapatkan E-Sertifikat sebagai tambahan point SKP. Dirinya berharap agar peserta yang mengikuti kegiatan ini mampu memahami dan mengimplementasikan materi-materi yang disampaikan oleh para pemateri.

“dengan diselenggarakannya seminar Wawasan Kebangsaan kami berharap mahasiswa yang ikut dapat menganalisis permasalahan yang ada di masyarakat terutama yang menyangkut kesenjangan sosial dan keutuhan NKRI”, Ucapnya.

Sementara Ketua BEM Asia Malang Irfan dalam sambutannya mengatakan bahwa tipisnya kesadaran dan kepekaan sosial di tingkat pemuda masih minim, padahal banyak persoalan-persoalan masyarakat yang membutuhkan peranan pemuda untuk membantu memediasi masyarakat agar keluar dari himpitan masalah, baik itu masalah sosial, ekonomi dan politik. Dirinya juga berharap agar pemuda tidak mudah terkontaminasi dengan zaman modern ini, sehingga perlu filter terhadap masing-masing generasi muda sebagai pelanjut estafet kepemimpinan.

“Saya yakin dengan kesadaran dan kepedulian pemuda kepada masyarakat setidaknya telah mengurangi dampak kesenjangan”. Tegas Irfan.

Pos terkait