Tingkatkan SDM, Linmas Desa Ngadisari Digembleng TNI POLRI Sukapura

PENJURU.ID | Probolinggo – Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Satuan Linmas (Perlindungan Masyarakat) serta meningkatkan peran Satuan Linmas yang telah diprogramkan, Pelda N Dodik H Bati Komsos Koramil 0820/ 08 Sukapura bersama Aiptu Ichwan Purbo Kanit Binmas Polsek Sukapura, laksanakan kegiatan pelatihan dan memberikan pembekalan mental karakter Linmas desa Ngadisari, Rabu (21/11).

Berlokasi di TNBTS laut pasir gunung Bromo, Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Yang diihadiri oleh Kepala desa, Sekertaris desa, dan Kasi Pemerintahan desa Ngadisari dan diikuti oleh 50 orang anggota Linmas.

Disela – sela kegiatan Pelda N Dodik menagatakan, Pembinaan Linmas merupakan salah satu kegiatan Pembinaan Perlawanan Wilayah (Binwanwil) dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas sebagai upaya mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaannya,” jelasnya.
Ia juga menambahkan bahwa peran Linmas tidak hanya membantu keamanan dan ketertiban saja, namun juga mempunyai tugas membantu penanggulangan bencana, membantu kegiatan sosial serta upaya pertahanan Negara sesuai yang diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 30 Ayat 1.

Ditambahkan oleh Pelda N Dodik , “ Anggota Linmas merupakan ujung tombak yang ada di lapangan dalam rangka pertahanan di masyarakat. Untuk itu, diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan program perlindungan masyarakat yang dapat terus diberdayakan dan ditingkatkan perannya, terutama dalam menunjang program Pemerintah serta menghadapi situasi keamanan di lingkungan desanya serta harus dapat menjadi teladan bagi masyarakat di sekitarnya”, ucapnya.

Kegiatan yang diisi dengan berbagai pengetahuan baik teori dan praktek disambut antusias oleh para anggota Linmas yang boleh dibilang mayoritas umurnya rata-rata tidak muda lagi, namun masih bersemangat guna meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan anggota Linmas, serta terciptanya koordinasi antara anggota Linmas dengan TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

(PRASOJO)

Pos terkait