Seni Lukis Bakar (Pirografi) Media Slumpring Tawangmangu Pioneer di Dunia

  • Whatsapp

PENJURU.ID | TAWANGMANGU – Kata siapa sampah tidak bisa bermanfaat ?! Justru dengan memakai Slumpring sebagai media lukis Pirografi, Slumpring akan terlihat menarik dan mempunyai nilai seni yang tinggi dan mempunyai nilai ekonomis.

“Jika dibanding dengan tampilan sebelum kami gunakan sebagai media lukis yang pertama kali mungkin dianggap sebelah mata dan tidak mempunyai nilai secara ekonomis.”kata Slumpring Tawangmangu saat di konfirmasi penjuru.id di workshopnya Desa Ngeledok Sari, Tawangmangu, Karanganyar,Minggu pagi,(18/07).

“Artinya Slumpring setelah melalui proses produksi dapat digunakan sebagai media lukis bakar yang sudah tak lagi bernilai sampah,tapi malah menjadi bagian fashion yang berkelas. Karena memang soal seni lukis bakar itu unik.” tegas Slumpring Tawangmangu.

“Lukisan bakar atau pirography yang kami produksi secara handmade sesuai pesanan konsumen mengunakan media slumpring dan dapat di saksikan proses pembuatannya di Sabda Daya Nusantara Gallery Art di Tawangmangu – Karanganyar – Jawa Tengah saat PPMK Darurat Jawa-Bali sudah usai tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.” imbuhnya.

Slumpring adalah bagian dari pohon bambu yang di anggap banyak orang sebagai sampah dan tak mempunyai nilai secara ekonomi, karena umumnya yang di gunakan pada pohon bambu adalah batang dan akarnya sebagai bahan dasar kerajinan tangan.

Seniman Slumpring Tawangmangu menekuni karya barunya ini sebagai pioneer dengan media slumpring hingga menghasilkan karya seni lukis bakar media slumpring dengan berbagai lukisan lukisan cantik dan menarik yang mempunyai nilai seni yang tinggi

Untuk bahan dasarnya seni lukis Pirografi, Slumpring Tawangmangu menggunakan limbah pohon bambu (Slumpring) yang didapatkan dari alam dengan tidak merusak sebagai pengganti kanvas.

Sementara, teknik melukisnya menggunakan sebuah adaptor kecil yang dihubungkan ke sebuah alat pen menyerupai solder listrik. Alat pen ini menggeluarkan bara api yang dapat digunakan sebagai alat untuk melukis.

Sang seniman yang berdomisili di Tawangmangu membuat sebuah sketsa gambar di atas slumpring yang sudah dibentuk sesuai keinginan konsumen hingga menghasilkan berbagai karya lukisan bakar seperti, kaligrafi, lukisan wajah, lukisan hewan, pemandangan alam, dan lainnya.

Bentuk dan karakter lukisan bakar ini dapat dipesan sesuai keinginan pemesan. Dalam sehari, slumring Tawangmangu dapat menghasilkan 7 buah karya seni lukisan bakar yang siap dipasarkan di Sabda Daya Nusantara Gallery Art.

Sabda Daya Nusantara Gallery Art memasarkan karya-karya seni Slumpring Tawangmangu hingga pesanan pun terus berdatangan dari berbagai daerah baik dalam negeri maupun luar negeri.

Keunikan serta yang pertama kali menggunakan Slumpring sebagai media Pirografi yang membuat sesuatu hal yang dianggap sampah menjadi sebuah karya yang bernilai seni tinggi menjadi tidak murahan.

Bukankah semua tahu bahwa semua karya seni yang terselip keunikan, harganya tak terjangkau. Tentu dengan mempunyai koleksi Siluette Wajah dengan media Slumpring, spontan akan membuat kejutan tersendiri untuk cinderamata orang-orang yang dianggap istimewa oleh para konsumen.

Harus juga di akui seniman lukis Pirografi tidak sekedar berhenti pada tampilan hasil fisik semata, ada nilai-nilai lain yang tak akan pernah selesai jika dibahas.

Namun semua akan berhenti pada teori belaka jika cuma dibahas. Maka perlu direalisasikan. Ini yang jarang diperhatikan!

Sehingga Slumpring Tawangmangu bersinergi bersama Sabda Daya Nusantara Gallery Art berkomitmen dengan penuh semangat akan terus mensupport para pengrajin / seniman untuk tetap berkarya tanpa batas walaupun situasi sedang sulit di masa Pendemi yang tentunya sangat berdampak bagi para seniman dan pelaku usaha UMKM.

“Semangat ini adalah representasi menghidupkan ruh seni budaya di saat Pendemi tetap berkarya membangkitkan UMKM khusunya di Tawangmangu, Umumnya di Jawa Tengah.” pungkasnya.

Semua pembeli lukisan Siluette Media Slumpring Koleksi Sabda Daya Nusantara Gallery Art rata-rata senang dan puas akan hasil maha karya Slumpring Tawangmangu yang unlimited.

Tentang Seni Lukis Bakar (Pirografi) Media Slumpring, dan berminat memesan karya seni lukis bakar (Pirografi) media Slumpring silahkan hubungi bagian Pemasaran Sabda Daya Nusantara Gallery Art atau klik no WhatsApp dibawah ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6282139541700.(Sukarno)

Pos terkait