RSUD Kota Tangerang Antisipasi Ancaman Gelombang 3 COVID-19

  • Whatsapp
RSUD Kota Tangerang.

PENJURU.ID | Tangerang – RSUD Kota Tangerang sedang menyiapkan diri untuk antisipasi gelombang tiga Covid-19 yang diperkirakan muncul usai Natal dan Tahun Baru 2022. Sebagaimana diketahui, RSUD Kota Tangerang merupakan salah satu RS rujukan Covid-19 di kota tersebut.

“Jadi, untuk mengantisipasi adanya lonjakan pascalibur Nataru 2022, kita telah melakukan penambahan ruang ICU menjadi 14 ruangan dan ruang NICU menjadi tiga ruangan. Lalu, kita juga sekarang sudah mengaktifkan ruangan hingga lantai 8 yang bisa digunakan dengan kapasitas 218 bed untuk pasien Covid-19,” kata Dirut RSUD Kota Tangerang, Taty Damayanti, Kamis (2/12/2021).

Direktur RSUD Kota Tangerang Taty Damayanty berujar, setidaknya ada 218 kasur yang disiapkan untuk pasien Covid-19. Sebanyak 218 kasur itu tersebar hingga lantai 8 RSUD Kota Tangerang.

Selain itu, RSUD Kota Tangerang juga menyediakan insentive care unit (ICU) dan neonatal insentive care unit (NICU).

“Jadi ICU kita menjadi 14 (ruangan), terus NICU kita menjadi tiga (ruangan),” ungkap Taty, dalam rekaman suara, Kamis (2/12/2021).

Pihaknya juga kini mulai mempersiapkan oksigen agar tidak terjadi kekurangan apabila memang banyak dibutuhkan, seperti bulan Juli-Agustus saat terjadi lonjakan kasus.

“Ketersediaan oksigen pun menjadi perhatian kami. Karena pemakaian yang luar biasa kan (mesinnya), kemarin sampai ada bunga-bunga es, tetapi sekarang sudah kita persiapkan untuk kapasitas 218 bed,” ujar Taty.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah mengantisipasi penambahan jumlah tenaga medis untuk merawat pasien Covid-19 apabila memang terjadi lonjakan pasien.

“Pastinya akan ada penambahan tenaga medis termasuk tenaga pemulasaran jenazah dan juga tempat pemulasarannya juga akan kita tambah dan kita sudah belajar dari pengalaman lonjakan Covid-19, seperti pertengahan tahun lalu,” ucap Taty.

Dalam kesempatan tersebut, Taty berharap bahwa gelombang tiga Covid-19 tidak terjadi di Indonesia. “Mudah-mudahanan sih engga (ada) ya (gelombang 3), ini antisipasi kita siapkan itu,” sebut dia.

Pos terkait