Marc Marquez Absen MotoGP Indonesia Akibat Gegar Otak

PENJURU.ID|MANDALIKA– Barisan penggemar yang sudah menantikan aksi The Baby Alien melibas trek Pertamina Mandalika Circuit terpaksa gigit jari. Sebab, sang rider tak mendapat izin dari dokter lantaran kondisi fisiknya.

Marquez mengalami highside pada kecepatan tinggi di Tikungan 7 saat menjalani sesi Warm Up Practice (WUP), pagi hari jelang perlombaan. Kecelakaan begitu mengerikan karena membuat RC213V hancur.

Bahkan, pengoleksi enam gelar juara dunia MotoGP itu sampai terpelanting ke udara. Meski dapat bangun dan berjalan kaki, #93 langsung dibawa oleh Honda ke Medical Centre guna pemeriksaan.

Namun, demi menghindari risiko cedera lebih buruk, Honda memutuskan untuk membawa Marquez ke Rumah Sakit Mataram. Spaniard dievakuasi dengan menggunakan helikopter medis.

Kurang dari satu jam sebelum balapan perdana MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Race Direction merilis pernyataan resmi perihal absennya Marquez.

“#93 Marc Marquez dinyatakan tidak fit untuk GP Indonesia karena gegar otak yang diderita saat warm-up,” bunyi statement.

Adapun, jumlap lap perlombaan MotoGP Indonesia dipangkas menjadi 20 lap. Hal ini diputuskan oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM) karena kondisi trek.

Sebelumnya, balapan kelas Moto2 juga dikurangi hingga jadi 16 lap. Sedangkan kategori Moto3 berlangsung penuh sebanyak 23 lap.

“Kami telah memutuskan untuk mengurangi jarak balapan untuk menjaga kondisi trek karena aspal,” ucap FIM Safety Officer, Franco Uncini.[Id.motorsport.com]

Pos terkait